Reparasi Sendiri iPod yang Hard Disknya Rusak

Sulitnya Mereparasi Sendiri iPod

iPod yang dibongkar

iPod adalah alat elektronik yang paling sulit (kalau tidak dapat dikatakan tidak mungkin) diperbaiki sendiri. Tidak seperti alat elektronik lain, iPod tidak memiliki casing yang dieratkan dengan cara konvensional seperti sekrup. Di samping itu, hard disknyapun berukuran mini dan memiliki interface yang berbeda dari hard disk biasa. Tidak ada media penyimpanan lain yang memiliki interface yang sama dengan hard disk seperti ini. Saya memiliki sebuah iPod 80GB yang (sampai tadi pagi) tidak pernah dipakai selama kurang lebih 2 tahun ini karena hard disknya rusak dan biaya memperbaiki iPod lebih besar dari harga iPod baru.

Sekitar bulan November 2009 saya membaca bahwa telah ada converter yang memungkinkan dipakainya Compact Flash Card sebagai media penyimpanan dalam iPod menggantikan hard disk iPod konvensional. Converter ini disebut iFlash. Saya kemudian menelusurinya di internet dan mendapatkan situs orang yang mengembangkan converter ini di http://www.tarkan.info/. Bulan Desember, saya langsung memesan dan membayar iFlash melalui Paypal. Si pembuat yang bernama Tarkan, mengkonfirmasi bahwa converter ini sudah dikirim melalui Pos. Namun, sampai bulan Mei 2010, converter ini belum sampai. Ada kecurigaan bahwa barang tersebut hilang di Indonesia. Setelah menghubungi si Tarkan, dia berbaik hati mengirim kembali iFlash yang baru. Dalam waktu 2 minggu, barang-barang yang ditunggu-tunggu tiba. Dalam waktu sekitar 30 menit iPod yang sudah “mati” selama 2 tahun itu pun dapat digunakan lagi walaupun dengan kapasitas daya simpan yang berkurang yaitu dari 80GB menjadi sekitar 30GB.

Tantangan utama memperbaiki iPod adalah membuka casing. Karena saya tidak memiliki alat yang tepat untuk membukan casing dan tidak bersedia berinvestasi untuk alat ini, sayapun membukanya dengan alat seadanya (obeng, hamar, dan beberapa bantingan di lantai he he he) sehingga casingnya sekarang sudah jauh dari sempurna. Tetapi karena saya menganut pandangan bahwa fungsi lebih penting, itu bukan menjadi masalah untuk saya. Kalau anda tidak memiliki pandangan yang sama, ada sebuah video tentang cara (sopan he he he) penggantian hard disk convensional iPod dengan Compact Flash Card dapat diakses di: http://www.tarkan.info/20080115/tutorials/iflash-ipod-compact-flash-mk2. Alat yang dipakai untuk membuka casing iPod pun dapat dibeli dengan harga yang tidak mahal (sekitar US$ 2) misalnya di http://www.idemigods.com/iPod_iPhone_Safe_Opening_Case_Pry_Tools_p/pry_tools.htm atau dapat dipesan sekaligus dari si Tarkan pada saat membeli iFlash.

Keuntungan dan Kerugian mengganti Hard Disk iPod konvensional dengan Compact Flash

Keuntungan

  1. Berat iPod berkurang.
  2. Durasi baterai bertambah karena daya yang dipakai untuk menggerakkan hard disk lebih besar daripada yang dipakai untuk menjalankan Fiash Card
  3. Perpindahan dari satu track musik ke track yang lain menjadi lebih cepat
  4. iPod jauh lebih tahan bantingan (bantingan dalam arti yang harafiah)
  5. Kapasitas simpan bisa bertambah beberapa kali lipat atau tetap kalau anda menggunakan iPod berkapasitas rendah (di bawah 30 GB)

Kerugian

  1. Casing iPod bisa menjadi tidak sedap dipandang mata kalau tidak punya alat pembuka iPod yang tepat.
  2. Kecepatan sinkronisasi file dari komputer ke iPod sedikit berkurang dibanding dengan pada saat menggunakan hard disk iPod konvensional.
  3. Kapasitas simpan bisa jadi sangat berkurang kalau anda menggunakan iPod berkapasitas besar (80GB ke atas) karena Compact Flash berdaya simpan tinggi (32 GB ke atas) masih jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Jadi bagaimana? Apakah anda akan mengganti Hard Disk iPod anda dengan Compact Flash? Kalau anda punya iPod yang sudah mati karena hard disknya rusak dan anda sebenarnya menyukai media ini serta belum memiliki pengganti, maka mungkin sebaiknya megganti hard disknya dengan Compact Flash. Tetapi sebelum anda mengganti sebaiknya perhatikan dulu apakah iFlash bisa dipakai untuk iPod seperti yang anda miliki.

Kalaupun ada yang mau buka bisnis perbaikan iPod, mungkin tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan. πŸ™‚

Advertisements
This entry was posted in iPod. Bookmark the permalink.

11 Responses to Reparasi Sendiri iPod yang Hard Disknya Rusak

  1. Yusuf says:

    Mas,saya kebetulan punya ipod video yg 30 GB. apa iFlash converter ini bisa diaplikasikan juga??
    trus kalo beli dimana ya?di Indonesia udah ada belum ya?

    • maddidjara says:

      Halo mas Yusuf. Ya bisa sekali mas. Sayangnya di Indonesia belum bisa dibeli. Saya sempat tanya ke beberapa penjual, dan mereka agak keheranan mendengarnya. he he. Jadi harus di pesan langsung dari si Tarkan. Dia sangat dapat dipercaya. Sekitar 200an rb. Kalau dalam dua minggu tidak ada, bisa kasih tau dia supaya diganti. Selamat mencoba bro. πŸ™‚

      Btw, tau gak dimana dapat baterai iPod di Indonesia? Info-info dong. πŸ™‚

  2. Yusuf says:

    Saya kemarin beli dari http://www.microstar-com.cjb.net hampir mirip dengan punya Tarkan. tapi belum dicoba.kalo dah dipasang CF nya bisa langsung connect ke iTunes nya?
    oia. untuk baterai ipod coba di http://www.tokobaterai.com
    di situ lengkap kok

  3. Yusuf says:

    bro…kok masih gambar ipod rusak pas di charge..
    apa ga cocok converternya ya?
    atau batere nya yg soak?

  4. yandamia says:

    kalo gak punya acount pay pal gimana cara bayarnya mas ?

  5. Ali Akbar says:

    Mass kalo layar ipod classicnya layarnya terdapat garis2 panjang hitam..
    gimana cara menghilangkannya..??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s